BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 16 Februari 2011

cara membuat E-mail


Cara membuat E-mail
Surat Elektronik
Surat elektronik (disingkat ratel, ratron, surel, atau surat-e) atau surat digital atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris "e-mail atau email" (ejaan Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).

Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

Ovi Mail
Ovi Mail adalah e-mail account gratis yang diberikan Nokia untuk para penggunanya. Ovi Mail bekerja pada berbagai perangkat Nokia dan tersedia secara online di https://mail.ovi.com. Aplikasi dioptimalkan untuk mobile dan menyediakan akses yang sederhana dan elegan antar web. Ovi tersedia dalam 12 bahasa selama periode beta termasuk Inggris, Spanyol, Portugis, Perancis, Jerman, Hindi, Bengali, Tagalog, Bahasa Indonesia dan Bahasa Malaysia.
Dengan e-mail Ovi, kita dapat membaca dan mengirim pesan e-mail dari perangkat selular ke komputer. Perlindungan anti-spam akan membantu kita mengatur kotak pesan dan perlindungan virus menjaga keamanan pesan.
E-mail Ovi tersedia dalam dua versi, yakni bandwidth tinggi dan rendah. Versi bandwidth tinggi mencakup fitur lanjutan, misalnya tarik dan lepas, serta pemformatan teks. Versi bandwidth rendah ditujukan untuk sambungan Internet yang lebih lambat. Kita dapat beralih di antara versi bandwidth bila perlu.
Ovi mail memberikan beberapa keuntungan, antara lain komunikasi e-mail bisa dilakukan langsung via telepon genggam dan dengan e-mail tentu tulisan bisa menjadi lebih banyak dan beragam. Yang paling penting, harga yang ditawarkan e-mail jauh lebih murah daripada SMS biasa.
Beberapa fasilitas yang bisa ditemukan di antaranya adalah kontak untuk menyimpan nama, alamat, alamat email, dan nomor telepon. Ada juga kalender untuk mengatur jadwal dan mengingatkan apa yang menjadi tugas kita. Untuk yang memerlukan peta, ada fasilitas maps. Fasilitas lainnya adalah mesin download, musik dan games. Bahkan, situs Ovi memungkinkan para pengguna untuk upload foto dan video untuk saling berbagi
E-mail merupakan salah satu cara komunikasi yang murah dan cepat. Keberadaannya sekarang sudah banyak menggantikan komunikasi surat-menyurat lewat pos, karena selain hanya memerlukan waktu dalam hitungan detik, juga murah.

Langkah Mendaftar
  1. Bukalah folder Messaging mailbox, kemudian pilih Email mailbox.
  2. Pilih Connect, kemudiaan email setup wizard akan terkoneksi secara otomatis. Tentu sebelumnya, GPRS sudah disetting terlebih dahulu.
  3. Pilih Register untuk membuat akun baru.
  4. Buat nama akun sesuai keinginan anda, misalnya Tian
  5. Tuliskan kata sandi pribadi.
  6. Lakukan validasi akun, sesuai karakter yang terdapat dalam frame.
  7. Setelah selesai membaca service terms and privacy policy, pilih continue.
  8. Akun Nokia anda kini siap digunakan.
  9. Setelah setting konfigurasi mailbox anda selesai, buka mailbox Ovi mail dari folder Messaging.
  10. Selanjutnya anda akan segera manerima sebuah pesan dari tim Ovi Mail.
Selain dapat diakses dari telepon genggam, Ovi mail juga dapat diakses dari ovi.com. Caranya pun sangat mudah:
  1. Buka situs: http://maps.ovi.com/services/ , dan sign in dengan akun Nokia anda.
  2. Tampilan situs tersebut sangat familiar dan intuitif. Pengguna pun dapat membuat folder baru, dan sebagainya.
  3. Selain itu pengguna juga dapat melakukan drag and drop untuk menghapus pesan e-mail, atau sekadar memindah isi pesan e-mail.
Milis
Milis (Inggris: mailing list) adalah group diskusi di internet dimana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi),ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya.Penyedia layanan milis yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com.
Cara Menggunakan
  1. Mendaftar pada group yang diminati, biasanya terdapat pada yahoogroups.com. Pada tahap ini anggota baru akan diminta mengisi database agar informasi dari semua anggota terangkum dengan rapi.
  2. Mengirim pesan ke milis jika ada sesuatu yang ingin disampaikan seperti info lomba, berita kesehatan, dan lain-lain. Setiap anggota milis berhak menulis apa saja di milis asalkan berita tersebut akurat.
TARPIT
Tarpit adalah sebuah pelayanan atau servis berupa server dalam sistem komputer yang berfungsi untuk menghambat atau menghentikan koneksi dalam proses pengiriman email spam yang terjadi pada komputer seseorang.

KEUNTUNGAN SISTEM TARPIT
• Tarpit memiliki perangkap yang dapat membuat proses pengiriman email spam menjadi berhenti total atau menjadi sangat lambat di tengah jalan
• Melumpuhkan serangan email-email spam
• Aman digunakan pada sistem computer
• Menerima dan meneruskan email dengan normal
• Memperlambat atau bahkan melumpuhkan sesi-sesi komunikasi e-mail yang dianggapnya sebagai sebuah e-mail SPAM
• Melumpuhkan sesi komunikasi email tersebut adalah dengan melakukan modifi kasi proses komunikasi e-mail.

0 komentar: